Senin, 18 November 2019

Skizoafektif


Skizoafektif
         Diagnosis ini secara konseptual merupakan sesuatu dari hibrid yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki fitur skizofrenia dan gangguan mood parah. Dengan kata lain, orang dengan gangguan ini tidak hanya memiliki simtom psikotik yang memenuhi kriteria skizofrenia, tetapi juga telah menunjukkan perubahan mood untuk waktu yang cukup lama. Karena gangguan mood bisa bersifat unipolar atau bipolar, tipe ini dikenali sebagai subtipe gangguan schizoafektif.

8.4     Kreteria untuk Gangguan Skizoafektif
A.           Masa penyakit yang tidak terputus-putus adalah ketika ada episode mood utama (depresi mayor atau manik) bersamaan dengan kreteria A dari skizofrenia.
Catatan : epidemi depresi utama harus mencakup kreteria A1:mood depresi
B.            Delusion atau halusinasi selama 2 minggu atau lebih tanpa adanya episode moof mayor (depresi atau manik) selama masa hidup penyakit
C.            Simtom yang memenuhi kriteria episode mood utama hadir untuk sebagian besar durasi total bagian aktif dan residual dari penyakit.
D.           Gangguan ini tidak disebabkan oleh pengaruh zat (misalnya, penyalahgunaan obat, pengobatan) atau kondisi medis lainnya.

8.5     Pedoman Diagnostik
F25 Skizoafektif
·                Diagnosis gangguan skizoafektif hanya dibuat apabila gejala-gejala definitif adanya skizofenia dan gangguan afektif sama-sama menonjol pada saat yang bersamaan (simultaneously), atau dalam beberapa hari yang satu sesuadah yang lain, dalam satu episode penyakit yang sama, dan bilamana, sebagai konsekuensi dari ini, episode penyakit tidak memenuhi kreteria baik skizofrenia maupun episode manik atau depresif
·                Tidak dapat digunakan untuk pasien yang menampilkan gejala skizofrenia dan gangguan afektif tetapi dalam episode penyakit yang berbeda.



Pedoman diagnostik schizoafektif tipe manik
·      Kategori ini digunakan baik untuk episode skizoafektif tipe manik yang tunggal maupun untuk gangguan berulang dengan sebagian besar episode skizoafektif tipe manik
·     Afek harus meningkat secara menonjol atau ada peningkatan afek yang tak begitu menonjol dikombinasi dengan iritabilitas atau kegelisahan yang memuncak.
·    Dalam episode yang sama harus jelas ada sedikirnya satu atau lebih baik lagi dua gajala skizofrenia yang khas.
 
 F25.9 Skizoafektif YTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar