Selasa, 15 Januari 2013

OVERWEIGHT


Overweight (kelebihan berat badan) adalah keadaan dimana berat badan seseorang melebihi berat badan normal. Overweight lebih mengacu pada kelebihan berat badan dibandingkan dengan standar normal. Karena masa remaja adalah usia terjadinya perubahan fisik, self - image pada seorang remaja menjadi sangat penting. Berat badan overweight bisa berasal dari otot, tulang, organ - organ vital, dan sebagainya. Ukuran tubuh yang tidak ideal akibat overweight juga dapat menyebabkan rasa rendah diri karena tidak dapat tampil menarik dalam berbagai model pakaian. Perubahan gaya hidup termasuk kecenderungan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi merupakan faktor yang mendukung terjadinya kelebihan berat badan (overweight).
Dari perkiraan 210 juta penduduk Indonesia tahun 2000, jumlah penduduk yang overweight diperkirakan mencapai 76,7 juta (17,5%). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa overweight di Indonesia telah menjadi masalah besar yang memerlukan penanganan serius (file:///g:/PSIKOLOGI/obesitas/pub-obind.html ).
Adanya perubahan fisik remaja yang ”unideal”, akan mendukung hilangnya self - esteem dan memunculkan masalah lain pada self - image remaja. Menjadi seseorang yang overweight dapat menyebabkan seorang menjadi malu. Overweight dapat terjadi pada segala umur, tetapi paling sering terjadi pada tahun – tahun pertama kehidupan, yaitu pada umur 5 - 6 tahun dan masa remaja ( Dietz, 1994).
Metode yang paling berguna dan banyak digunakan untuk mengukur berat badan adalah BMI ( Body Mass Index ), yang didapat dengan cara membagi berat badan ( kg ) dengan kuadrat dari tinggi badan ( meter ). Nilai BMI yang didapat tidak tergantung pada umur dan jenis kelamin.

Keterbatasan BMI adalah tidak bisa digunakan untuk :
·         Anak – anak yang dalam masa pertumbuhan
·         Wanita hamil
·         Orang yang sangat berotot seperti atlet

Klasifikasi BMI menurut WHO ( 1998 )
Jika nilai BMI sudah didapat, hasilnya dibandingkan dengan ketentuan berikut:
               Nilai BMI       < 18,5   = Berat badan di bawah normal (underweight)
               Nilai BMI 18,5 - 22,9 = Normal
               Nilai BMI 23,0 - 24,9 = Kelebihan berat badan (overweight)
               Nilai BMI 25,0 - 29,9  = Obesitas derajat I
               Nilai BMI     >= 30,0   = Obesitas derajat II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar